Skip to main content

Ciri-Ciri Alternator Mobil Rusak


1.Lampu Aki Menyala

Pada saat anda menghidupkan mesin dan di speedometer anda terlihat lampu aki menyala maka itu memberikan tanda kalau alternator listrik atau generator pada mobil anda tidak memberikan daya listrik kemungkinan terkecil adalah karbon brush aus/habis hingga ic regulator mati

2.Alternator berbunyi

Bunyi yang ada pada alternator ini sering kali disebabkan karena bearing alternator yang ada pada mobil anda sudah rusak sehingga anda dapat mendengar suara keras yang berasal dari alternator , dan bisa juga bunyi ini disebabkan dari dioda rectifier yang sudah putus

3.Aki Baru Tapi Tetap Tekor

Apabila anda sudah mengganti aki anda dengan aki yang baru namun aki anda selalu drop dan tidak bisa di starter pada pagi hari, hal ini bisa disebabkan karena tegangan yang dihasilkan oleh alternator ini kurang baik, sehingga pengisian aki tidak maksimal dan tidak sebanding dengan daya yang digunakan oleh mobil anda, output dari alternator ini untuk pengisian aki 12 volt seharusnya berada pada kisaran 13,6 sampai dengan 14 volt, apabila alternator anda tidak bisa menghasilkan tegangan yang tinggi atau dibawah 13.6 volt maka bisa dipastikan kalau aki anda akan selalu tekor dan juga tidak kuat untuk starter mobil anda walaupun lampu indikator aki tidak menyala pada speedometer anda, terutama utnuk mobil-mobil yang menggunakan banyak kelistrikan seperti ac, audio, dan berbagai aksesoris lain yang memakan banyak daya listrik

Penyebab Teganan Alternator Drop
Dioda Rectifier Putus

Apabila salah satu dari dioda rectifier yang ada pada alternator ini putus dengan IC regulator maka arus yang akan dihasilkan Alternator menjadi kurang maksimal

Setelan Ket Out Eksternal Voltage

Setelah ket out eksternal votage regulator yang masih menggunakan cut of dan hal ini juga sering membuat alternator anda menjadi drop

Carbon Brush Dan Rotor Slip Rings

Hubungan diantara rotor slip rings dan carbon brush yang kurang baik juga membuat alternator anda drop karena akan menghambat adanya arus listrik ke rotor yang ada pada alternator

Alternator Overcharge

Dan apabila alternator anda overcharge misalkan alternator anda mengeluarkan daya 15 volt, hal ini akan membaut aki anda cepat rusak , karena air yang ada didalam aki itu akan mendidih namun selain dari aki anda juga bisa melihat dari headlamp mobil anda yang akan menyala sangat terang namun akan nampak berkedip atau redup apabila rmp mesin anda naikan, dan hal ini tidak hanya merusak aki pastinya bohlam lampu anda juga akan cepat putus solusinya dg mengganti ic regulator..demikian  terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Twin Light ignition

Punya masalah dengan pengapian mobil anda??? Kami solusinya.... Dilihat dari kesehatan mesin mobil Dengan mengamati kondisi knalpot!!!!! Kondisi mesin yang prima ,bisa dilihat dari kondisi kenalpot , @ kondisi knalpot bersih ,dan kering warna abu abu Menandakan mesin sehat,pembakaran sempurna Krna tidak ada sisa BBM yg tidak terbakar!!! @ kondisi knalpot bejelaga tapi tidak lengket!!!! Hanya jelaga,bisa tipis bisa tebal.... Menandakan pembakaran kurang sempurna, misal busi dan koil sudah tua, minta ganti Atau Timing pengapian kurang tepat Atau Kualitas BBM jelek SOLUSINYA......................,......................??????????????? Periksa system pengapian 1.Mulai koil....Pastikan umur dibawah 5 th,tidak panas       berlebihan 2Periksa  kabel busi,cek hambatannya,atau cek kondisinya tidak boleh luka atau bocor... 3.cek platina harus ttp tebal kakinya , CDI baik kondisinya 4.busi cek dan bersihkan 5. Setel timing 6. Isi BBM yang ses...
Plasma Booster Ignition Salah satu kelemahan dari sistem pengapian konvensional adalah terjadinya penurunan tegangan sekunder..yg pada akhirnya pengapian kurang maksimal ( kurang mampu menghasilkan pembakaran yg lebih sempurna )... hal ini terjadi karena tegangan tinggi pada kumparan sekunder yg dihasilkan dengan cara memutuskan dan menghubungkan arus listrik pada kumparan primer koil pengapian secara mekanik melalui platina dan kondensor sebagai peredam arusnya agar platina tidak mudah rusak...  dengan cara ini otomatis mengurangi arus listrik yg masuk pada koil karena cara kerja platina sama dengan menghubungkan arus listrik yang mengalir ke body atau ground.. sehingga pada platina akan memercikan bunga api...yg akhirnya arus listrik menjadi berkurang... Nah dgn cara merubah kinerja sistem pengapian konvensional alhamdulillah pembkaran menjadi lebih baik.. yg akhirnya tenaga mesin meningkat dan penggunan bbm lebih menurun... karena kaki kita nggak perlu menekan pedal gas da...

RedNeck

RedNeck Carb Spacer - Pertama kali dan mulai kami kembangkan Carb Spacer berbahan Resin Phenolic Ini adalah Spacer untuk membantu mengurangi suhu pada Carburetor sekaligus meningkatkan udara pada intake yang masuk... Membatasi perpindahan panas dan meningkatkan aliran udara untuk meningkatkan kinerja mesin... Udara dingin lebih padat daripada udara panas dan memakan banyak ruang... Jadi jika mesin bisa menghisap udara dingin.., maka lebih banyak udara yang dapat dicampur dengan bahan bakar.., sehingga memberikan lebih banyak kekuatan/ power... Manfaat tambahan adalah bahwa udara dingin memiliki ketahanan yang lebih tinggi untuk peledakan.., sehingga memungkinkan lebih banyak waktu pengapian dimajukan... Manfaat lain adalah atomisasi bahan bakar yang lebih baik dan meningkatkan kecepatan udara ke dalam ruang pembakaran yang pada akhirnya memberikan tambahan tenaga kuda dan torsi pada mesin.., dan juga penghematan dalam penggunaan bahan bakar ( BBM ) RedNeck Resin Phenolic...