Beda torsi dan Horse power
Mana yang lebih penting di jalan raya ?
Satu hal yang kadang masih menjadi pertanyaan bagi para pemilik kendaraan terkait performa sebuah kendaraan adalah beda antara torsi dan power...
Dari pandangan atau strategi marketing sebuah kendaraan torsi sepertinya terlupakan dan memang kurang mempunyai nilai jual ketimbang horsepower atau HP yang lebih menarik...
Namun dua hal ini memang menjadi acuan jika membahas performa sebuah mesin atau kendaraan.... Namun tahukah Anda beda torsi dan power ?
Torsi sendiri adalah gaya rotasi berbentuk tenaga untuk memutar roda. Gaya rotasi ini berawal dari ledakan tenaga di ruang bakar mesin. Tenaga ini kemudian disalurkan lewat kruk as yang bergerak memutar. Torsi dari kruk as akan disalurkan ke roda gila, transmisi, rantai/gardan, hingga sampai roda sehingga kendaraan bisa bergerak dari kendaraan diam.
Jika menengok ke performa mobil, torsi bakal lebih berperan di putaran mesin bawah saat mobil melaju dari kondisi diam. Jika kendaraan mampu melesat dari garis awal ke kecepatan tertentu dalam waktu singkat, bisa diartikan kendaraan tersebut memiliki torsi yang besar.
Setelah mobil bergerak, maka peran tenaga (power) lebih dominan untuk mengail kecepatan tertinggi dari sebuah kendaraan.
Tenaga kuda di sebuah kendaraan berperan untuk memperoleh kecepatan maksimal. Daya kuda sendiri merupakan satuan yang diadopsi untuk mengukur daya keluaran dari piston, turbin, motor listrik, dan mesin lainnya.
Daya kuda juga bisa diartikan sebagai ukuran tenaga saat mesin bekerja dengan faktor waktu, semisal putaran roda per menit yang dibutuhkan kendaraan untuk melaju di kecepatan tertentu.
Jadi bisa disimpulkan jika torsi bakal memiliki peran besar di akselerasi kendaraan di awal bergerak, sedangkan power atau tenaga (daya kuda) memiliki peran besar untuk memperoleh top speed sebuah kendaraan....
Jadi mana yang penting, hp atau torsi untuk penggunaan mesin harian di jalan raya ?
Dua-duanya memang penting.., hanya saja akan terbagi menjadi 2 karakter mesin...
Sebenarnya dalam pengertian tarikan, akselerasi, hentakan, apapun itu namanya lebih tepat merujuk pada torsi mesin... Seberapa besar torsi mesin kendaraan yang dihasilkan pada tiap range RPM nya... maka semakin besar torsi yang disalurkan ke ban/ roda semakin kuat tarikan atau hentakannya kendaraan tersebut....
Torsi yang dihasilkan sebuah mesin kendaraan akan berpengaruh dengan performanya...Kemampuan kendraan dalam akselerasi cepat dipengaruhi langsung oleh engine yang sanggup membangun torsi dalam waktu cepat pula pada rpm tertentu....
Pemakaian di jalan raya yang pendek banyak stop & go juga padatnya lalu-lintas, jarang rpm kendaraan dapat di geber sampai menyentuh rpm tertinggi, apalagi sampai rpm mentok :) !. Jadi rentang rpm yang sering digunakan di jalan raya adalah dari bawah dan rpm menegah.. Di atas itu adalah perkecualian misalkan waktu jalanan sedang kosong baru bisa akselerasi mencapai putaran rpm lebih tinggi.
Dengan parameter itu kendaraa yang mengeluarkan torsi besar (transient torque) adalah yang tepat atau pas untuk pemakaian jalan raya....karena dengan Torsi yang baik kendaraan mampu berakselerasi cepat baik di jalan rata ataupun tanjakan, juga selagi turing di jalanan yang berbelok-belok kendaraan akan lincah meluncur tanpa harus banyak pindah ke gir transmisi yang lebih rendah (downshift) karena torsi cukup besar sudah tersedia dari rpm rendah dan menengah...
Munculnya torsi menentukan horsepower yang dikeluarkan karena horsepower adalah hasil dari torsi x rpm / 5252....
Kami punya solusi buat meningkankan torsi mobil anda
dgn RedNeck putaran udara/oksigen jadi lebih banyak yg masuk dan cepat sehingga semua bbm cepat masuk ke intake..., hasilnya pembakaran lebih cepat, daya ledak besar..
Hasil yg dirasakan
- Gas lebih responsif
- Tarikan Spontan , towel dikit ngacir
- Hp & Torsi naik
- Pembakaran Sempurna
- Cukup premium apalagi pake Pertalite atau pertamax
- Dengan menambahkan RedNeck karburator dan bahan bakar tidak cepet panas dan tidak banyak penguapan..
- Nafas panjang , rpm bawah sampai atas ngisi terus
- Gejala lemot pada mobil dimatic hilang
- Ngelitik berkurang
- Hemat BBM (normal driving)
- Pake Matic Tanjakan Gampang
- Menurunkan Emisi
APLIKASI GAMPANG
ADA PETUNJUK LENGKAP PEMASANGAN
RedNeck ini bukan hanya untuk mobil bisa juga di aplikasikan di motor anda
RedNeck juga untuk semua jenis mobil dan motor
Mana yang lebih penting di jalan raya ?
Satu hal yang kadang masih menjadi pertanyaan bagi para pemilik kendaraan terkait performa sebuah kendaraan adalah beda antara torsi dan power...
Dari pandangan atau strategi marketing sebuah kendaraan torsi sepertinya terlupakan dan memang kurang mempunyai nilai jual ketimbang horsepower atau HP yang lebih menarik...
Namun dua hal ini memang menjadi acuan jika membahas performa sebuah mesin atau kendaraan.... Namun tahukah Anda beda torsi dan power ?
Torsi sendiri adalah gaya rotasi berbentuk tenaga untuk memutar roda. Gaya rotasi ini berawal dari ledakan tenaga di ruang bakar mesin. Tenaga ini kemudian disalurkan lewat kruk as yang bergerak memutar. Torsi dari kruk as akan disalurkan ke roda gila, transmisi, rantai/gardan, hingga sampai roda sehingga kendaraan bisa bergerak dari kendaraan diam.
Jika menengok ke performa mobil, torsi bakal lebih berperan di putaran mesin bawah saat mobil melaju dari kondisi diam. Jika kendaraan mampu melesat dari garis awal ke kecepatan tertentu dalam waktu singkat, bisa diartikan kendaraan tersebut memiliki torsi yang besar.
Setelah mobil bergerak, maka peran tenaga (power) lebih dominan untuk mengail kecepatan tertinggi dari sebuah kendaraan.
Tenaga kuda di sebuah kendaraan berperan untuk memperoleh kecepatan maksimal. Daya kuda sendiri merupakan satuan yang diadopsi untuk mengukur daya keluaran dari piston, turbin, motor listrik, dan mesin lainnya.
Daya kuda juga bisa diartikan sebagai ukuran tenaga saat mesin bekerja dengan faktor waktu, semisal putaran roda per menit yang dibutuhkan kendaraan untuk melaju di kecepatan tertentu.
Jadi bisa disimpulkan jika torsi bakal memiliki peran besar di akselerasi kendaraan di awal bergerak, sedangkan power atau tenaga (daya kuda) memiliki peran besar untuk memperoleh top speed sebuah kendaraan....
Jadi mana yang penting, hp atau torsi untuk penggunaan mesin harian di jalan raya ?
Dua-duanya memang penting.., hanya saja akan terbagi menjadi 2 karakter mesin...
Sebenarnya dalam pengertian tarikan, akselerasi, hentakan, apapun itu namanya lebih tepat merujuk pada torsi mesin... Seberapa besar torsi mesin kendaraan yang dihasilkan pada tiap range RPM nya... maka semakin besar torsi yang disalurkan ke ban/ roda semakin kuat tarikan atau hentakannya kendaraan tersebut....
Torsi yang dihasilkan sebuah mesin kendaraan akan berpengaruh dengan performanya...Kemampuan kendraan dalam akselerasi cepat dipengaruhi langsung oleh engine yang sanggup membangun torsi dalam waktu cepat pula pada rpm tertentu....
Pemakaian di jalan raya yang pendek banyak stop & go juga padatnya lalu-lintas, jarang rpm kendaraan dapat di geber sampai menyentuh rpm tertinggi, apalagi sampai rpm mentok :) !. Jadi rentang rpm yang sering digunakan di jalan raya adalah dari bawah dan rpm menegah.. Di atas itu adalah perkecualian misalkan waktu jalanan sedang kosong baru bisa akselerasi mencapai putaran rpm lebih tinggi.
Dengan parameter itu kendaraa yang mengeluarkan torsi besar (transient torque) adalah yang tepat atau pas untuk pemakaian jalan raya....karena dengan Torsi yang baik kendaraan mampu berakselerasi cepat baik di jalan rata ataupun tanjakan, juga selagi turing di jalanan yang berbelok-belok kendaraan akan lincah meluncur tanpa harus banyak pindah ke gir transmisi yang lebih rendah (downshift) karena torsi cukup besar sudah tersedia dari rpm rendah dan menengah...
Munculnya torsi menentukan horsepower yang dikeluarkan karena horsepower adalah hasil dari torsi x rpm / 5252....
Kami punya solusi buat meningkankan torsi mobil anda
dgn RedNeck putaran udara/oksigen jadi lebih banyak yg masuk dan cepat sehingga semua bbm cepat masuk ke intake..., hasilnya pembakaran lebih cepat, daya ledak besar..
Hasil yg dirasakan
- Gas lebih responsif
- Tarikan Spontan , towel dikit ngacir
- Hp & Torsi naik
- Pembakaran Sempurna
- Cukup premium apalagi pake Pertalite atau pertamax
- Dengan menambahkan RedNeck karburator dan bahan bakar tidak cepet panas dan tidak banyak penguapan..
- Nafas panjang , rpm bawah sampai atas ngisi terus
- Gejala lemot pada mobil dimatic hilang
- Ngelitik berkurang
- Hemat BBM (normal driving)
- Pake Matic Tanjakan Gampang
- Menurunkan Emisi
APLIKASI GAMPANG
ADA PETUNJUK LENGKAP PEMASANGAN
RedNeck ini bukan hanya untuk mobil bisa juga di aplikasikan di motor anda
RedNeck juga untuk semua jenis mobil dan motor
Info pemesanan WA : 08127679870
Design by : Heru Agus Hendra
Comments
Post a Comment